Saturday, May 24, 2014

Sejarah Pulau Tidung

Bagi anda yang ingin menikmati pesona alam yang tiada duanya, anda bisa mencoba dengan liburan ke Pulau Tidung, namun pernahkah anda tahu sejarah dibalik nama pulau tersebut? Jika belum, maka anda patut menyimak sejenak tulisan berikut ini. Ternyata pulau bahari di Kepulauan Seribu yang kini telah banyak jasa penyedia paket wisata Pulau Tidung dengan harga murah karena objek wisatanya dan dihuni hampir 5000 jiwa ini menyimpan sejarah bisu yang cukup mengharukan. Berawal dari sekitar tahun 1820-an, seorang Raja dari Kalimantan Timur suku Tidung tepatnya, sempat diasingkan oleh kolonial Belanda karena tidak mau menyerahkan daerah kekuasaannya. Singkat cerita, Raja Pandita, Raja yang kemudian pertama kali menghidupkan kehidupan di pulau ini. Namun para penduduk, sampai di akhir hayat Raja Pandita dikenal sebagai rakyat biasa bernama kaca, karena sang Raja tidak pernah menunjukkan gelar dan sosok kekuasaannya, mengharukan sekali.

Tentu saja sejarah ini ketika diketahui kebenarannya oleh penduduk aslinya, penduduk Pulau Tidung kemudian mengkramatkan makam Raja Pandita dengan memberikan satu lokasi khusus yang jauh dari pusat keramaian pulau wisata ini. Mungkin tujuannya adalah untuk menghormati dan agar tempat peristirahatan sang Raja tidak terganggu oleh apapun. Pulau yang sampai sekarang telah populer ini, ternyata dilahirkan dari sesosok pemimpin yang arif dan bijaksana. Beliau semasa hidupnya tidak sombong dan tidak mengagung-agungkan diri maupun tempat asalnya. Malahan Raja ini selalu membantu penduduk dengan membaur bersamanya.

Sebenarnya ada satu lagi mitos yang sangat menarik yang harus traveller ketahui ketika akan melakukan tour Pulau Tidung, yakni mitos mengenai jembatan cinta. Dalam ikon bersejarah jembatan cinta terdapat mitos yang dipercaya akan menjadikan cinta abadi bagi mereka pasangan yang bersedia melewatinya sambil bergandengan tangan di sepanjang jalan. Adapula satu mitos bahwa jika pasangan pengunjung yang lewat kemudian berani untuk loncat ke laut secara bersamaan maka cinta mereka akan abadi sampai maut memisahkan. Oleh karena itulah, tak heran jika jembatan cinta seringkali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding para pasangan yang berlibur ke pulau ini. Ada-ada saja ya, namun itu bisa menjadi sebuah tempat hiburan menarik kalau memang para traveller mau mempraktekkan. Jika anda tertarik untuk ke Pulau ini, sebaiknya anda mencoba jasa agen travel penyedia paket wisata Pulau Tidung murah dengan layanan antar jemput dari pulautidungslagu.com sebagai salah satu referensinya. Karena jarang sekali agen wisata yang juga menyediakan jasa antar jemput seperti mereka. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment